Aplikasi Komponen Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak berhubungan dengan tiga jenis entitas dasar seperti proses, proyek, dan produk. Proses perangkat lunak (software process) adalah metode pengembangan perangkat lunak. Proyek perangkat lunak (software project) adalah proyek pengembangan dimana proses perangkat lunak digunakan. Dan produk perangkat lunak (software product) adalah hasil dari proyek perangkat lunak.

Setiap proyek pengembangan perangkat lunak dimulai dengan beberapa kebutuhan dan (harapannya) proyek dimulai dengan beberapa perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan tersebut.

Proses perangkat lunak menentukan rangkaian aktivitas abstrak yang harus dilakukan agar sesuai kebutuhan pengguna sampai menjadi produk akhir. Tindakan aktual dalam menjalankan aktivitas untuk beberapa kebutuhan pengguna tertentu adalah proyek perangkat lunak. Dan semua output yang dihasilkan saat aktivitas sedang dieksekusi adalah produk (salah satunya adalah perangkat lunak terakhir).

Ketiga entitas ini membutuhkan proses yang berbeda. Proses utama yang berhubungan dengan produk adalah proses pengembangan yang bertanggung jawab untuk memproduksi produk yang diinginkan dan produk lainnya (misalnya manual pengguna, dan spesifikasi kebutuhan). Tujuan dasar dari proses ini adalah mengembangkan produk yang akan memuaskan pelanggan.

Sebuah proyek perangkat lunak jelas merupakan entitas dinamis di mana kegiatan dilakukan dan proses manajemen proyek diperlukan untuk mengendalikan aktivitas dinamis ini secara tepat. Proses pengembangan menentukan kegiatan pengembangan dan penjaminan mutu yang perlu dilakukan, sedangkan proses manajemen menentukan bagaimana merencanakan dan mengendalikan kegiatan ini sehingga tercapai tujuan proyek. Untuk menangani perubahan yang tak terelakkan dan permintaan ulang proses lain yang disebut kontrol konfigurasi perangkat lunak (software configuration control), proses yang umumnya digunakan.

Tujuan dari proses komponen ini adalah terutama menangani perubahan pengelolaan, sehingga sasaran biaya dan kualitas terpenuhi dan integritas produk tidak dilanggar meskipun ada permintaan perubahan ini. Ketiga proses penyusun ini berfokus pada proyek dan produk. Sebenarnya, semuanya dapat dianggap sebagai proses rekayasa produk, karena tujuan utamanya adalah menghasilkan produk yang diinginkan. Proses manajemen berhubungan dengan proses software. Tujuan dasarnya adalah memperbaiki proses software. Dengan perbaikan berarti kemampuan proses menghasilkan produk berkualitas dengan biaya rendah semakin meningkat. Manajemen proses berkaitan dengan keseluruhan proses pemahaman proses saat ini, menganalisis propertinya, menentukan bagaimana memperbaiki dan kemudian mengimplementasikannya.

Penjelasan mengenai software process, software product, dan software project ini dapat kalian pelajari lebih dalam pada mata kuliah penjaminan kualitas dan manajemen konfigurasi perangkat lunak di Program Studi S1 Perangkat Lunak ST3 Telkom Purwokerto. Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan diri menjadi bagian dari ribuan mahasiswa di bawah naungan yayasan pendidikan telkom. Pendaftaran mahasiswa baru dibuka sampai 8 September 2017. Khusus kalian lulusan SMK jurusan RPL mendapatkan FREE 50% Dana Pembangunan.
Untuk pendaftaran silahkan menghubungi Customer Service Center ST3 Telkom di Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto (0281) 641629.
Website: www.st3telkom.ac.id
Atau di: http://pmb.st3telkom.ac.id
Fan Page: ST3 TELKOM
Instagram: pmbst3telkom
Line: st3telkom
WA: 081228319222 (Prima) atau 085101624154 (Ira)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked