Berbagai Cara untuk Mendapatkan Uang dari Software

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan seorang software developer untuk menghasilkan uang dari software. Selain mendapat penghasilan dari bekerja pada suatu perusahaan, ternyata peluang untuk mencari penghasilan tambahan terbuka begitu luas. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan software developer untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari software

1. Shareware dan Premium Software

Pertama kita buat terlebih dahulu sebuah software dengan fitur terbatas. Misal hanya disediakan 5 fitur saja yang terdiri dari A, B, C, D dan E. Setelah mendapatkan pengguna yang banyak dan merasa bahwa pengguna sangat membutuhkan software yang kita kembangkan. Barulah kita sediakan fitur yang lebih lengkap dari A hingga Z.

Software dengan fitur terbatas biasa disebut shareware, sedangkan yang memiliki fitur lebih dan berbayar dinamakan premium software. Model bisnis ini salah satu yang umum dikerjakan oleh banyak software developer.

2. Menjual Source Code Software untuk Keperluan Belajar

Mungkin penghasilan yang didapatkan dari model bisnis ini bisa murah, ataupun bisa mahal. Kita buat software sederhana yang dapat dimengerti oleh seseorang kemudian jual source code nya untuk dipelajari orang lain. Tentu saja software yang dijual harus disertai dengan penjelasan dan tutorial baik tertulis maupun verbal.

Biasanya software yang dijual berupa software sederhana yang dapat dibedah kodenya langsung seperti toko online, sistem informasi akademik, penerimaan siswa baru dan lainnya.

3. Menerima Pembuatan Software secara Custom

Harga yang diterima bisa bervariatif. Ada yang sangat murah bahkan hingga miliyaran rupiah. Pembuatan sofware secara custom biasa datang dari client sekelas BUMN, pemerintahan, korporasi, manufaktur, atau badan pendidikan tinggi yang ingin meningkatkan optimalitas bisnis proses mereka dengan bantuan kita dalam menyediakan software custom.

Walaupun diluaran sana sudah banyak software yang tersedia, namun tetap saja kebutuhan yag berbeda dari software yang sudah dibuat generik, tidak dapat menfakomodasi kebutuhan mereka. Oleh  karena itu pembuatan software secara custom dapat dirintis sejak sekarang mulai dari tim kecil sampai akhirnya menjadi tim besar dibawah naungan perseroan terbatas

4. Menjual Software di Application Store

Kehadiran application store seperti Google Play, Apple AppStore, Windows Store dan lainya menjadi angin segar bagi software developer untuk mencari penghasilan dari pembuatan aplikasi. Software yang dijual dapat berupa produktifitas game, hingga software-software kreatif yang dapat digunakan oleh user seperti aplikasi untuk foto selfie. Ada juga yang membuat untuk tracking aktifitas olahraga kita, dan akuntansi. Platform yang tersedia pun cukup beragam mulai dari dekstop, mobile, watch dan TV.

5. Pasang Iklan di dalam Software

Kehadiran iklan ini dipasang di dalam aplikasi web dan mobile. Terutama di aplikasi seperti mobile game yang cukup banyak memiliki papan iklan saat bermain. Banyak game developer yang mencari penghasilan dengan menambatkan papan iklan di dalam game-nya. Walaupun uang yang diambil hanya sedikit, namun bila user yang menggunakannya ada banyak tentu penghasilan yang didapat pun cukup menjanjikan.

Selain cara-cara diatas, masih banyak lagi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan software. Namun pertanyaannya sekarang adalah “Bagaimana agar kita dapat menjadi software developer profesional yang dapat menghasilkan software yang berkualitas?”. Salah satu jalan yang banyak ditempuh orang adalah dengan kuliah di jurusan RPL. Sebab pada jurusan RPL dipelajari caara membuat software mulai dari perencanaan sampai perawatan software yang dihasilkan. Salah satu Institusi yang menyelenggaran perkuliahan jurusan RPL adalah Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Pada Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak IT Telkom Purwokerto, tidak hanya diberi keterampilan menjadi software engineer yang profeional, namun juga membekali lulusannya dengan jiwa technopreneur. Sehingga tidak hanya mendapatkan penghasilan dari bekerja di perusahaan, namun dirinya sendiri dapat menjadi perusahaan yang dapat memperkerjakan orang lain

IT Telkom Purwokerto merupakan Institut Teknologi yang pertama di Jawa Tengah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom dan disupport secara penuh oleh PT. TELKOM. Salah satu tujuan didirikannya Prodi RPL oleh IT Telkom Purwokerto adalah untuk menyelenggarakan pendidikan berbasis ICTyang terdepan di area Jawa Tengah khususnya.

Jadi tunggu apalgi, segera daftarkan diri anda atau putra-putri anda ke IT Telkom Purwokerto. Untuk pendaftara silahkan kunjungi http://pmb.st3telkom.ac.id, khusus siswa/siswi lulusan SMK RPL akan mendapatkan potongan 50% dana pembangunan. Segera daftarkan diri anda sebelum tanggal 8 September 2017.
Untuk pendaftaran silahkan menghubungi Customer Service Center ST3 Telkom di Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto (0281) 641629.
Website: www.st3telkom.ac.id
Atau di: http://pmb.st3telkom.ac.id
Fan Page: ST3 TELKOM
Instagram: pmbst3telkom
Line: st3telkom
WA: 081228319222 (Prima) atau 085101624154 (Ira)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked