Laboratorium

Laboratorium merupakan salah satu sarana pendukung yang tersedia di Sekolah Tinggi Telematika TELKOM Purwokerto dimana sarana tersebut digunakan oleh para mahasiswa untuk pelaksanaan mata kuliah praktikum. Setiap mata praktikum terdiri dari beberapa modul yang harus di selesaikan oleh masing-masing mahasiswa, selain kegiatan perkuliahan praktek, laboratorium juga digunakan untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan peralatan yang tersedia untuk membantu Tugas Akhir ataupun kegiatan mahasiswa lainnya. Misal, UKM, BEM dan lain-lain.

Sarana laboratorium di Sekolah Tinggi Telematika TELKOM Purwokerto terdiri dari :

  1. Laboratorium Komputer Aplikasi
  2. Laboratorium Komputer Jaringan
  3. Laboratorium Teknik Telektronika
  4. Laboratorium Teknik Digital
  5. Laboratorium Transmisi
  6. Laboratorium Switching

Kegiatan lain yang diselenggarakan adalah kegiatan sertifikasi JENI, CISCO, KKPI yang merupakan membantu mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi yang nantinya berguna di dunia kerja.

Laboratorium Teknik Elektronika

merupakan salah satu Laboratorium di Sekolah Tinggi Telematika TELKOM Purwokerto, yang digunakan seluruh mahasiswa untuk memahami secara praktek bidang elektronika analog seperti pengenalan komponen elektronika, pengenalan alat ukur elektronika dan bengkel elektronika. Laboratorium Teknik Elektronika sering dimanfaatkan mahasiswa untuk menunjang Tugas Akhir, selain fungsi utama untuk pelaksanaan praktikum.

Praktikum yang terselenggara di Laboratorium Teknik Elektronika adalah :

  1. Praktikum Alat Ukur dan Pengukuran
  2. Praktikum Elektronika
  3. Praktikum Rangkaian Listrik
  4. Praktikum Elektronika Komunikasi
  5. Praktikum Sistem Komunikasi I
  6. Praktikum Teknik Tenaga Listrik dan Catu Daya
  7. Praktikum Wireline

Laboratorium Teknik Digital

merupakan laboratorium yang difokuskan untuk pemahaman materi secara praktek dasar-dasar dari teknologi digital, didalamnya banyak terdapat perangkat elektronika digital untuk memperkenalkan kepada seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Telematika TELKOM Purwokerto mengenal dasar-dasar untuk mempelajari bidang elektronika digital.

Laboratorium Teknik Digital menyelenggarakan Praktikum sebagai berikut :

  1. Praktikum Teknik Digital
  2. Praktikum Mikroprosessor dan Antarmuka

Laboratorium Switching

merupakan laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk mengimplementasikan pengetahuan teknik switching dalam dunia Telekomunikasi. Sebagai contoh mahasiswa dapat memahami secara praktek menggunakan peralatan modul praktikum terintegrasi buatan Leybold Didactic yang dapat menunjukkan secara detail proses simulasi proses switching suatu central telepon.

Praktikum yang terselenggara di Laboratorium Switching adalah :

  1. Praktikum Switching
  2. Praktikum Sistem Komunikasi 2

Laboratorium Transmisi

merupakan laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk mengimplementasikan pengetahuan teknik transmisi dalam dunia Telekomunikasi. Seperti halnya laboratorium switching, peralatan praktikum yang ada sebagian besar buatan Leybold Didactic terutama yang berhubungan sistem komunikasi dalam telekomunikasi

Praktikum yang terselenggara di Laboratorium Transmisi adalah :

  1. Praktikum Sistem Komunikasi Data
  2. Praktikum Sistem Komunikasi Serat Optik
  3. Praktikum Sistem Telekomunikasi
  4. Praktikum Sistem Komunikasi Satelit

Laboratorium Komputer Aplikasi

Laboratorium Komputer Aplikasi menyediakan Komputer Desktop untuk melakukan mata kuliah praktikum, dimana perkuliah praktikum yang diselenggarakan di laboratorium komputer aplikasi sebagai berikut:

  1. Praktikum Dasar Komputer
  2. Praktikum Gambar Teknik
  3. Praktikum Algoritma dan Pemrograman
  4. Praktikum Teknik Selular
  5. Praktikum Wireless

Laboratorium Komputer Jaringan

Laboratorium Komputer Jaringan menjadi media untuk beberapa mata praktikum yang berkaitan jaringan komputer, adapun praktikum yang diselenggarakan di laboratorium komputer jaringan adalah sebagai berikut :

  1. Jaringan Komputer
  2. Internetworking