Pelatihan Intensif Laravel, Hasil Kolaborasi antara Kewirausahaan IT Telkom dengan Prodi S1 Software Engineering

Purwokerto – Kebutuhan akan web developer semakin hari semakin meningkat. Banyak perusahaan / startup (di bidang IT) yang merekrut para web developer untuk mengembangkan sebuah proyek berbasis web. Sebagian besar pengembang web di perusahaan/startup tersebut biasanya menggunakan sebuah kerangka kerja (framework).  Penggunaan sebuah web framework sangat penting sebab akan membantu memudahkan tim dalam melakukan manajemen sebuah proyek berbasis web. Diantara puluhan web framework yang ada saat ini, laravel merupakan salah satu yang banyak digandrungi oleh para web developer.

Mengapa Laravel

Laravel saat ini boleh dikatakan sebagai PHP Framework terbaik untuk web development. Hal ini wajar sebab banyak fitur dan keunggulan laravel yang tidak dimiliki framework lain. Salah satu keunggulan laravel adalah memiliki dokumentasi yang lengkap sehingga mudah dipelajari. Kemudian adanya dukungan dari composer sehingga lebih mudah dalam memasang library dan menambah fitur baru bagi program yang sedang dibuat.

Kegiatan Pelatihan

Melihat dari manfaat dan antusiasme dari para pengembang web, Kewirausahaan IT Telkom Purwokerto berinisiatif mengadakan pelatihan laravel untuk mewadahi keinginan tersebut. IT Telkom Purwokerto mengadakan pelatihan laravel selama 4 hari yaitu pada tanggal 16 Oktober sampai 19 Oktober 2017.  Adapun tentor dari pelatihan laravel ini adalah dosen-dosen dari program studi S1 Software Engineering, yaitu Bp. Imam Ferianto dan Bp Contro Kartiko. Dimana beliau sebelumnya telah bekerja disebuah perusahaan IT yang menangani berbagai proyek penggembangan aplikasi web.

Pelatihan intensif laravel ini diikuti 9 orang peserta, dengan goal dari pelatihan ini sebuah aplikasi toko online. Pelatihan dilakukan selama 6 jam per hari yaitu dari jam 08.00 sampai 14.00. Materi pelatihan yang diajarkan adalah dasar-dasar PHP, teknik migrasi database, pengunaan skema Model View Controller (MVC), dan user authentification. Pelatihan ini merupakan pondasi bagi peserta untuk mengenal, memahami dan menerapkan framework laravel dalam sebuah web development. Selesai pelatihan, diharap peserta dapat terus mengasah kemampuannya lagi agar dapat membuat proyek dengan skala yang lebih besar menggunakan laravel.

Terima Kasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked