Pentingnya Melakukan Pengujian Perangkat Lunak (Software Testing)

Tahukah kamu?

Bahwa pengujian perangkat lunak (Software Testing) bukan pekerjaan yang mudah. Ada beberapa orang beranggapan bahwa kalau sekedar mengetes software saja semua orang juga bisa dan tidak perlu susah-susah menjadi programmer / developer. Tapi software testing merupakan disiplin tersendiri dan merupakan salah satu dari bagian proses pengembangan software. Hampir semua metodologi dari pengembangan perangkat lunak (Software Development) menempatkan software testing sebagai bagian utama dari proses pengembangan.

Kegagalan dalam melakukan pengujian perangkat lunak dapat menyebabkan produk yang dihasilkan tidak berjalan dengan baik dan dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang besar. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Standart and Technologi (NIST) pada tahun 2002 melaporkan bahwa bugs pada perangkat lunak menyebabkan kerugian ekonomi Amerika Serikat sebesar $59.5 billion tiap tahunnya, dan sepertiga dari kerugian ini bisa dihindari jika dilakukan software testing yang lebih baik.

Tujuan utama dari pengujian perangkat lunak sebenarnya sederhana yaitu untuk memastikan bahwa software yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan (requirement) yang sebelumnya ditentukan. Ketika requirement dari suatu sistem telah disusun maka semestinya sudah ada suatu pengujian perencanaan (test plan). Selain itu suatu proses testing membutuhkan tujuan akhir yang dapat dinilai sehingga pihak tester bisa berhenti melakukan suatu testing ketika tujuan-tujuan itu tercapai.

Pengujian pada perangkat lunak biasanya berarti pengujian yang dilakukan secara otomatis (automated testing). Maksudnya adalah pengujian dilakukan menggunakan software untuk merekam kegiatan user dan mensimulasikan penggunaan komponen internal. Kemudian, untuk tipe-tipe pengujian perangkat lunak ada 5 yaitu Unit Testing, Integration Testing, Regression Testing, Load / Stress Testing, dan Platform Testing.

Penjelasan mengenai tipe-tipe dari pengujian perangkat lunak ini dapat kalian pelajari lebih dalam pada mata kuliah software testing di Program Studi S1 Perangkat Lunak ST3 Telkom Purwokerto. Selain tipe-tipe software testing, juga akan dipelajari lebih dalam cara dan implementasi software testing untuk menguji perangkat lunak skala besar. Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan diri menjadi bagian dari ribuan mahasiswa di bawah naungan yayasan pendidikan telkom. Pendaftaran mahasiswa baru dibuka sampai 8 September 2017. Khusus kalian lulusan SMK jurusan RPL mendapatkan FREE 50% Dana Pembangunan.

Untuk pendaftaran silahkan menghubungi Customer Service Center ST3 Telkom di Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto (0281) 641629.
Website: www.st3telkom.ac.id
Atau di: http://pmb.st3telkom.ac.id
Fan Page: ST3 TELKOM
Instagram: pmbst3telkom
Line: st3telkom
WA: 081228319222 (Prima) atau 085101624154 (Ira)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked