Pentingnya Kemampuan Pemrograman

Tahukah kamu?

Rata-rata mahasiswa semester akhir jurusan teknik informatika, peminatan software engineering merasa bahwa skill coding mereka kurang. Lemahnya skill coding mahasiswa di Indonesia adalah penyakit gawat, menular, mematikan dan secepatnya harus diberantas tuntas :). Mungkinkah ini yang membuat produksi software kita secara kuantitas dan kualitas dibawah negara tetangga, padahal menurut laporan IDC dan Gartner, jumlah developer profesional Indonesia mencapai 71.600 orang di tahun 2008. Tahukah kalian bahwa jumlah tersebut tiga kalinya malaysia dan empat kalinya singapore?

Perlu diketahui bahwa jurusan komputing di Indonesia mengambil acuan kurikulum IEEE Computing Curricula 2005. Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer alias APTIKOM menjadi wadah prodi atau jurusan computing untk membuat kurikulum inti yang mengacu ke IEEE Computing Curricula 2005. Meskipun pada beberapa sisi yang tidak konsisten sebab Computer Engineering (Teknik/Sistem Komputer), Information System (Sistem Informasi) saja yang direkomendasikan menjadi jurusan atau prodi. Computer Science (ilmu komputer), information technology (Teknologi Informasi) dan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) disuruh bercampur di satu wadah dengan nama Teknik Informatika. šŸ™

Padahal sebenarnya pembobotan materi yang dibidik berbeda-beda. Silahkan cek gambar di bawah, target kemampuan yang diharapkan dari lulusan masing-masing cabang rumpun informatika menurut IEEE Computing Curricula 2005.

Secara IEEE Computing Curricula 2005, mahasiswa prodi / jurusan Computer Engineering misalnya, boleh tidak mengerti masalah sistem informasi atau teoritika database. Mahasiswa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi boleh tidak mengerti asitektur komputer. Tapi untuk skill coding seluruh mahasiswa ilmu computing wajib hukumnya (sifatnya fardu ain) untuk menguasai skill coding šŸ™‚

Menurut Romi Satrio Wahono, seorang dosen senior dan juga software engineer, memaparkan cara untuk mendesain pembelajaran agar mahasiswa memiliki skill coding yang mumpuni, yaitu sebagai berikut.

  1. Desain mata kuliah untuk tidak mengajarkan banyak bahasa pemrograman dengan paradigma yang sama. Mengajari mahasiswa dengan banyak bahasa pemrograman, artinya mendidik mereka untuk tidak menguasai satupun bahasa pemrograman.
  2. Fokuskan ke satu bahasa pemrograman utama dan gunakan untuk penugasan di setiap mata kuliah. Capai level mahir di satu bahasa pemrograman, baru berpindah ke bahasa pemrograman lain.
  3. Libatkan mahasiswa dalam berbagai project riil untuk melatih dan mendekatkan ilmu yang dipelajari ke dunia industri.
  4. Bila memungkinkan hindari ujian bergaya multiple choice, arahkan ke develop project atau laporan analisa.
  5. Bagi mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir, khususnya untuk yang software (product) development, wajibkan menggunakan tahapan software development life cycle (specification, design, coding, testing). Latih menyusun business process dan mendesain software dengan menggunakan UML yang relatif sudah standard.

Bagi kalian yang benar-benar ingin mahir programming, maka ada baiknya masuk ke jurusan software engineering karena akan lebih fokus dibahas mengenai cara memulai coding dari pemula menjadi mahir. Di Indonesia jurusan software engineering sudah mulai bermunculan, Salah satunya adalah ST3 Telkom Purwokerto yang membuka Program Studi S1 Software Engineering. Jurusan S1 Software Engineering ST3 Telkom Purwokerto menerapkan kurikulumnya ke IEEE Computing Curricula dan juga merupakan anggota dari APTIKOM Indonesia. Selain itu memiliki pengajar yang sudah berpengalaman di industri IT Indonesia. ST3 Telkom Purwokerto merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah naungan yayasan pendidikan telkom yang terbukti berkualitas mendidik generasi penerus bangsa.

Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan diri anda sebelum tanggal 8 September 2017.

Untuk pendaftaran silahkan menghubungi Customer Service Center ST3 Telkom di Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto (0281) 641629.

 

Website: www.st3telkom.ac.id

Atau di: http://pmb.st3telkom.ac.id

Fan Page: ST3 TELKOM

Instagram: pmbst3telkom

Line: st3telkom

WA: 081228319222 (Prima) atau 085101624154 (Ira)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked