Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak

Mengacu pada Association for Computing Machinery (ACM) SE 2014 Curriculum Guidelines for Undergraduate Degree Programs in Software Engineering serta KKNI Aptikom 2015, dirumuskan student outcome atau profil lulusan dari Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut.

  1. Profesional yang menguasai pengetahuan tentang Rekayasa Perangkat Lunak dan standar ketrampilan profesional yang diperlukan untuk menjadi software engineer.
  2. Profesional yang berkompeten dalam kemampuan teknis yaitu mampu menerapkan teori, model dan metode tepat guna yang menjadi dasar dalam identifikasi dan analisis masalah, desain, pengembangan, implementasi, verifikasi dan dokumentasi perangkat lunak.
  3. Profesional yang mampu bekerja secara individu maupun sebagai bagian dari tim untuk mengembangkan dan menghasilkan artefak perangkat lunak yang berkualitas.
  4. Profesional yang memiliki kemampuan negosiasi, perilaku kerja efektif, kepemimpinan dan komunikasi yang baik khususnya dengan stakeholder dalam lingkungan pengembangan perangkat lunak.
  5. Profesional yang mampu merancang solusi tepat guna dalam satu aplikasi atau lebih dengan menggunakan pendekatan rekayasa perangkat lunak.
  6. Profesional yang mampu merekonsiliasi tujuan proyek dan mampu menemukan kesepakatan yang dapat diterima stakeholder dengan memperhatikan dimensi biaya, waktu, pengetahuan, sistem yang sudah ada.
  7. Profesional yang mampu mempelajari model, metode dan teknologi terkini dan selalu siap mengembangkan sikap profesionalisme.
  8. Profesional yang memiliki jiwa technopreneurship khususnya dalam bidang rekayasa perangkat lunak.

Berdasarkan profil-profil tersebut, maka proyeksi lulusan program studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak antara lain.

  1. Dapat menjadi Insinyur Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineer). Seorang insinyur rekayasa perangkat lunak adalah orang yang mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering untuk perencanaan, analisis, desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian dan evaluasi perangkat lunak dan sistem yang membuat komputer atau perangkat lainnya yang mengandung perangkat lunak bekerja.
  2. Dapat memiliki usaha mandiri dalam bidang teknologi khususnya pengembangan perangkat lunak (Technopreneur)
  3. Dapat melanjutkan dan menyelesaikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.