Ready For Revolution of Artificial Intelligence (Industry 4.0)

Tahukah kamu ?
Perkembangan industri manufaktur mengalamai perkembangan dari tahun ke tahun. Tidak seperti dulu, sebuah industri dapat berjalan / beroperasi dengan mengandalkan tenaga air, uap, dan lain sebagainya. saat untuk mendapatkan keluaran yang lebih efisien, banyak perusahaan industri yang menggunakan teknologi kmputer serta software pendukungnya untuk menjalankan sebuah industri. Sebagai gambaran sederhana sejarah singkat tentang dunia industri adalah sebagai berikut :
1. Industri 1.0 (Industri Generasi Pertama)
Perkembangan awal generasi industri pertama, dimana sistem produkasi masih sangat bergantung pada mesin dan tenaga manusia. Seperti contoh peggunaan mesin menggunakan tenaga uap atau air untuk membuat produksi sebuah radio.
2. Industri 2.0 (Industri Generasi kedua)
Perkembangan generasi ke dua pada dunia industri, dimana sistem produksi menggunakan listrik sebagai sumber tenaga penggerak mesin dan jenis produksi yang dilakukan yaitu Mass Production (produkasi masal).
3. Industri 3.0 (Industri Generasi ketiga)
Perkembangan generasi ke tiga pada dunia industri, dimana sistem produksi sudah mulai menggunakan otomatisasi pada mesin, serta komputer untuk mengoperasikannya. Tenaga manusia (buruh) sudah mulai berkurang dan hanya menggunakan tenaga-tenaga manusia yang ahli dalam mengoperasikan komputer untuk produksi mengguanakan otomatisasi mesin produksi.
4. Industri 4.0 (Industri Generasi keempat)
Perkembangan generasi ke empat pada dunia industri, dimana sistem produksi sudah terintegrasi secara terpusat pada satu tempat yang kemudian diolah secara cyber / online. Sistem yang digunakan untuk mengoperasikan Industri 4.0 termasuk dalam ketegori sistem cerdas (artificial intelligence). Tenaga manusia hampir tidak dibutuhkan lagi karena semua proses penggunaan mesin sudah di atur oleh sistem cerdas itu sendiri. Sistem yang digunakan pada Industri 4.0 ini tidak hanya berupa perangkat keras saja (contoh: robot tangan), akan tetapi kedepannya dapat dikolaborasikan dengan software / perangkat lunak yang dapat dihubungkan dengan sistem terpusat secara online. Sistem terpusat secara online yang dimaksud adalah sistem yang dapat diakses dimana-mana secara real-time seperti contoh penggunaannya adalah IoT (Internet of
Things) atau Cloud Computing.
Berdasarkan penjelasan terhadap sejarah singkat dari perkembangan Industri dapat dikatakan bahwa pada Industri 4.0, memiliki peluang pengembangan perangkat lunak (Software) berbasis cerdas dan terpusat (IoT), sangatlah besar. Hal ini bisa menjadi terobosan baru bagi para software developer untuk bersaing serta berlomba-lomba membuat sistem cerdas yang nantinya dapat diterapkan dalam industri-industri yang telah menerapkan model Industri 4.0 di dalamnya.
Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak ST3 Telkom Purwokerto merupakan salah satu instansi yang akan mengarahkan Anda menjadi seorang software developer yang memiliki ritme cerdas dalam pembuatan sebuah aplikasi.
Segera daftar di Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak ST3 Telkom Purwokerto. Untuk pendaftaran silahkan kunjungi http://pmb.st3telkom.ac.id, khusus siswa/siswi lulusan SMK RPL akan mendapat potongan 50% dana pembangunan. Segera daftarkan diri anda sebelum tanggal 8 September 2017.
Kuliah bergengsi prospek kerja pasti.
Come & Join Us!
Untuk pendaftaran silahkan menghubungi Customer Service Center ST3 Telkom di Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto (0281) 641629.
Fan Page: ST3 TELKOM
Instagram: pmbst3telkom
Line: st3telkom
WA: 081228319222 (Prima) atau 085101624154 (Ira)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked