Supervisory Development Program (SDP), Pelatihan Kepemimpinan untuk Para Supervisor di IT Telkom Purwokerto

Purwokerto – IT Telkom Purwokerto merupakan institusi pendidikan yang didukung penuh oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Dukungan tersebut tidak hanya berupa pengadaan infrastruktur sarana dan prasarana, namun juga membangun jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab bagi seluruh pegawainya, utamanya bagi yang memegang amanah menduduki jabatan struktural setingkat supervisor.

Salah satu cara membangun jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab tersebut adalah dengan diadakannya Supervisory Development Program (SDP) oleh YPT setiap 1 tahun sekali. Peserta SDP adalah pegawai tetap yang menduduki posisi struktural setingkat Kepala Urusan (Kaur) di IT Telkom Purwokerto. Acara SDP diselenggarakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 25 – 27 September 2017. Adapun lokasi pelatihan berada di Ruang T9 dan T10 IT Telkom Purwokerto.

Pentingnya Peran Supervisor

Alasan diadakanknya SDP ini dikarenakan pentingnya peran supervisor bagi suatu perusahaan atau lembaga. Supervisor di IT Telkom Purwokerto adalah para pemegang jabatan struktural seperti Kaprodi, Sekprodi, Kaur dan Kabbag. Mengapa dikatakan peranan supervisor sangat penting?, sebab supervisor merupakan pemangku kekuasaan yang bertindak sebagai perencanaan, pengorganisir, pelaksana dan pengawas. Oleh karena itu seorang supervisor harus dipersiapkan dan dibekali secara sistematis. Seorang Supervisor tidak cukup hanya memliki keterampilan teknis, tetapi juga harus memiliki keyakinan diri, kemampuan manajerial, khususnya manajemen manusia, manajemen perkerjaan, dan pengambilan keputusan.

Kegiatan SDP di IT Telkom Purwokerto

Kegiatan SDP yang dilaksanakan selama 3 hari dan dikuti oleh pegawai tetap yang ada di lingkungan YPT (IT Telkom & SMK Telkom Purwokerto). Adapaun materi dari SDP adalah sebagai berikut.

  1. Roles and Responsibilities Leader
  2. Understanding Character The Other People
  3. Inspiration and Imagination Communication
  4. Basic Guidelines of Business Attitudes
  5. Planning and Organizing Work
  6. Problemsolving and Decision Making
  7. Meeting Effective
  8. Carring with Love
  9. Coaching and Delegation Process
  10. Action Plan Beyond The Programme Supervisor

Hari pertama acara di buka oleh wakil rektor II (bapak Heru), dilanjut dengan materi pertama yaitu Leadership Games. Tata cara permainan ini adalah membangun Tower menggunakan mashmello dan spagethi dalam waktu 1 menit. Peserta yang membangun tower paling tinggi adalah pemenangnya. Tujuan games ini adalah untuk melatih teamwork dan pemahaman tentang konsep pemecahan masalah oleh diri sendiri dan kelompok. Pemenang game ini adalah kelompok dari bapak ridwan pandiya.

Hari kedua, dilalui peserta dengan penuh semangat dan konsentrasi. Peserta semakin mengerti bagaimana cara melakukan perencanaan dan pengorganisasian suatu pekerjaan, bagaimana menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang tepat. Hal itu sesuai dengan materi yang disampaikan oleh trainer (bapak Ferdi).

Selanjutnya dihari ketiga peserta dihadapkan oleh sebuah game lagi. Namun, berbeda pada game hari pertama yang menggunakan bahan-bahan makanan, kali ini game dimainkan menggunakan suatu software simulasi bernama Monsoon. Pada permainan kali ini peserta melakukan simulasi berjualan menggunakan monsoon. Jadi seperti seolah-olah peserta menjalankan bisnis pada suatu perusahaan dan berusaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Pada hari ketiga ini pula, acara SDP ditutup. Sebelum ditutup dibacakan beberapa penghargaan, diantaranya peserta terbaik SDP tahun 2017. Juara pertama sebagai peserta terbaik adalah Bp. Agus Priyanto (Kabag Sistem Informasi), Juara Kedua Bp. Indra Hidayatullah (Kaprodi Software Engineering), Juara ketiga diraih Bp. Agus (Guru SMK Telkom). 

Pemenang peserta terbaik di nilai dari keaktifan dan mengikuti proses pelatihan dengan baik. Hadiah langsung diberikan oleh ibu Sumiyati selaku ketua Telkom Profesional Certification Centre (TPCC). Selanjutnya acara ditutp oleh Bp. Heru (Wakil Rektor II) dan diakhiri dengan foto bersama semua peserta dan panitia.

Sekian, Semoga bermanfaat ^^

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked