Tanggung Jawab Manajer Proyek Perangkat Lunak

Pengelolaan proyek yang tepat sangat penting untuk menyelesaikan proyek perangkat lunak dan orang yang bertanggung jawab untuk itu disebut manajer proyek. Untuk melakukan pekerjaannya secara efektif, manajer proyek harus memiliki beberapa keterampilan tertentu. Artikel ini membahas tanggung jawab pekerjaan manajer proyek dan keterampilan yang dibutuhkan olehnya.

1. Melibatkan dengan manajer senior dalam proses penunjukkan anggota tim.
2. Membangun tim proyek dan menugaskan tugas ke berbagai anggota tim.
3. Bertanggung jawab atas perencanaan dan penjadwalan proyek yang efektif, kegiatan pemantauan dan pengendalian proyek untuk mencapai tujuan proyek.
4. Bertindak sebagai komunikator antara manajemen senior dan orang-orang lain yang terlibat dalam proyek seperti tim pengembang dan pemangku kepentingan internal dan eksternal.
5. Secara efektif menyelesaikan masalah (jika ada) yang timbul antara anggota tim dengan mengubah peran dan tanggung jawab mereka.
6. Memodifikasi rencana proyek (jika diperlukan) untuk menangani situasi.

Meskipun keterampilan aktual untuk manajemen proyek yang efektif berkembang dengan pengalaman, setiap manajer proyek harus menunjukkan beberapa keterampilan dasar yang tercantum di bawah ini.

1. Harus memiliki beragam pengetahuan tentang teknik manajemen proyek seperti manajemen risiko, manajemen konfigurasi, teknik estimasi biaya, dll.
2. Harus memiliki kemampuan untuk membuat penilaian, karena manajemen proyek sering kali membutuhkan pengambilan keputusan.
3. Harus memiliki kekuatan menggenggam yang baik untuk mempelajari teknologi terkini agar sesuai dengan kebutuhan proyek.
4. Harus cukup terbuka untuk menerima gagasan baru dari anggota proyek. Selain itu, ia harus cukup kreatif untuk mengemukakan gagasan baru.
5. Harus memiliki kualitas interpersonal, komunikasi, dan kepemimpinan yang baik agar bisa bekerja dari anggota tim.

Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak ST3 Telkom Purwokerto merupakan salah satu instansi yang akan mengarahkan Anda menjadi Manajer Proyek Perangkat Lunak (Software Project Manager). Kurikulum Prodi S1 Rekayasa Perangkat Lunak menuntun mahasiswa menjadi ahli yang handal di bidang software engineering.

Segera daftar di Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak ST3 Telkom Purwokerto. Untuk pendaftaran silahkan kunjungi http://pmb.st3telkom.ac.id, khusus siswa/siswi lulusan SMK RPL akan mendapat potongan 50% dana pembangunan. Segera daftarkan diri anda sebelum tanggal 8 September 2017.

Kuliah bergengsi prospek kerja pasti.
Come & Join Us!
Untuk pendaftaran silahkan menghubungi Customer Service Center ST3 Telkom di Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto (0281) 641629.
Website: www.st3telkom.ac.id
Atau di: http://pmb.st3telkom.ac.id
Fan Page: ST3 TELKOM
Instagram: pmbst3telkom
Line: st3telkom
WA: 081228319222 (Prima) atau 085101624154 (Ira)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked