Workshop Penyusunan Kurikulum Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) STT Telematika (ST3) Telkom Purwokerto

Purwokerto – Program Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan ST3 Telkom untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi (PT) merupakan keniscayaan. Dalam rangka merealisasikan dan memastikan peningkatan mutu pendidikan, khususnya prodi S1 RPL, maka diadakan workshop penyusunan kurikulum. Kegiatan yang bertemakan penyusunan kurikulum ini diikuti oleh seluruh dosen dari tiga program studi (prodi) yaitu prodi RPL, prodi Sistem Informasi (SI), dan prodi Teknik Informatika (IF). DR. Inggriani Liem yang berasal dari Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (IF ITB) menjadi narasumber dalam workshop ini yang merupakan pakar di bidang penyusunan kurikulum khususnya lingkup rekayasa perangkat lunak (software engineering). Workshop berlangsung selama empat hari dari 3-4 April 2017.

Tujuan workshop ini adalah untuk menyusun dan meningkatkan mutu kurikulum prodi, khususnya prodi S1 RPL ST3 Telkom. Workshop ini juga diharapkan meningkatkan kemampuan para dosen dalam penyusunan kurikulum. Kurikulum merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya simultan secara berkala agar kurikulum dapat dirancang sesuai perkembangan zaman. Peserta juga diharapkan dapat menularkan kemampuannya kepada rekan sejawat di kampus untuk meningkatkan mutu kurikulum. Workshop ini juga bertujuan agar kompetensi lulusan sesuai dengan yang diharapkan. Materi yang disampaikan antara lain visi dan misi program studi, profil lulusan, kompetensi lulusan, bahan kajian, struktur kurikulum, rumusan kompetensi, dan peta kurikulum.

Workshop ini menjadi menarik ketika narasumber dan peserta saling diskusi dan memberikan pengalamannya dalam proses penyusunan kurikulum hingga melaksanakan proses pembelajaran sehingga memberikan inspirasi dan semangat bagi peserta workshop.  DR. Inggriani Liem memberikan nasehat bahwa baik atau tidaknya institusi atau program studi salah satunya dapat dilihat dari apakah kehadirannya memberi manfaat untuk lingkungan sekitarnya atau tidak.

Hasil wawancara dengan beberapa peserta secara umum menyatakan bahwa workshop ini bermanfaat bagi mereka dan mendukung dalam pengembangan kurikulum. Mereka merasa memperoleh kesempatan yang langka. Selain itu, workshop yang telah dilaksanakan diharapkan memberikan “trigger” bagi para dosen untuk terus meningkatkan kualitas diri demi meningkatkan prestasi S1 RPL ST3 Telkom. Mereka juga mengharapkan bahwa workshop pengembangan kurikulum dapat dilakukan lagi bagi mereka dan rekan sejawat lainnya.

Peserta tidak hanya memperoleh penjelasan komprehensif tentang penyusunan kurikulum, melainkan juga memperoleh bimbingan langsung dalam menyusun kurikulum. Pada akhir kegiatan, beberapa perwakilan peserta mempresentasikan hasil penyusunan kurikulumnya. Melalui presentasi, mereka  dapat saling berbagi tentang hasil penyusunan kurikulumnya, sehingga memperkaya tentang cara penyusunan kurikulum yang baik. Narasumber memberikan tanggapan dan masukan atas presentasi peserta sehingga memperkaya kurikulum dan memperkuat pemahaman peserta tentang penyusunan kurikulum. Upaya peningkatan mutu kurikulum dan pembelajaran menjadi hal sangat esensial guna menghasilkan lulusan S1 RPL ST3 Telkom yang bermutu pula.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked