Workshop Penyusunan VMTS Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) STT Telematika (ST3) Telkom Purwokerto – Bagian 2

Purwokerto (15 dan 17 Maret 2017) – Workshop kedua diselenggarakan pada tanggal 17 maret 2017 oleh Dr.Suryono dari APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer). Dalam paparannya mengenai kualitas program studi, beliau berpendapat agar dalam pembuatan sebuah program studi baru hendaknya mengikuti standard KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dimana KKNI merupakan acuan nasional yang berfungsi menjembatani kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan, seorang lulusan yang mengikuti standard ini harus mendapatkan gaji/honor sesuai dengan kemampuan/kualifikasi dari tingkat pendidikan. Dengan begitu, maka perguruan tinggi wajib menjamin kualifikasi alumni yang harus memiliki kemampuan seorang sarjarna. Sedangkan perusahaan harus mampu menggaji seorang sarjana. Dalam kaitannya dengan variasi program studi yang diajukan oleh ST3 Telkom, Beliau juga memaparkan mengenai irisan knowledge area dalam 5 program studi yang berada di bawah naungan APTIKOM yang diantaranya adalah Sistem Informasi, Teknik Informatika, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak dan Ilmu Komputer. Selain itu dibahas juga mengenai tiga trend ilmu computer di masa yang akan datang yaitu IoT (Internet of Things), Big data manajemen system serta cloud computing.

Di penghujung acara, workshop ini menjadi menarik ketika dilakukan jajak pendapat dari pengguna lulusan dan rekan sejawat di antaranya Bapak Eko (Dinas Pariwisata Banyumas), perwakilan dari AMIKOM purwokerto serta Bapak Jakarta Tisam (Bappeda). Hasil jejak pendapat secara umum menyatakan bahwa workshop yang merupakan kesempatan langka ini sangat bermanfaat karena terjadi sebuah kesepemahaman antara dunia industri, pemerintah dan institusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas lulusan ST3 Telkom. Pada akhir kegiatan, beberapa perwakilan peserta mempresentasikan hasil penyusunan VMTS. Melalui tanya jawab, mereka dapat saling berbagi tentang hasil penyusunan VMTS serta rencana pembentukan kurikulum. Narasumber memberikan tanggapan dan masukan atas pertanyaan peserta sehingga memperkaya wawasan dan pemahaman peserta. Dari hasil workshop tersebut program Studi S1 RPL berkomitmen untuk menjadi program studi yang berkompeten dalam pengembangan sumber daya manusia berjiwa teknopreneurship serta berkompeten dalam rekayasa smart software untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked